Sunday, September 4, 2011

Pemanfaatan Copper Slag (Limbah Peleburan Tembaga) Sebagai Substitusi Bahan Pengisi Campuran Beton Mutu K-225 (TS-5)

Indonesia merupakan suatu negara yang berkembang, terutama di bidang perindustrian. Pesatnya perkembangan industri tersebut, dari proses pengolahannya menghasilkan bahan yang menguntungkan dan merugikan
Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang pada saat ini banyak dipakai di Indonesia dalam pembangunan fisik, dan pengertian Beton sendiri adalah campuran antara semen portland atau semen hidraulik yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air, dengan atau tanpa menggunakan campuran tambahan membentuk masa padat (SK.SNI T-15-1990-03:1).



Dengan semakin meluasnya penggunaan beton dan makin meningkatnya skala pembangunan menunjukan juga semakin banyak kebutuhan beton di masa yang akan datang sehingga mempengaruhi perkembangan teknologi beton dimana akan menuntut inovasi-inovasi baru mengenai beton itu sendiri.

Dengan melihat fenomena diatas banyak orang mencoba memanfaatkan limbah-limbah industri untuk digunakan dalam campuran beton. Salah satunya adalah Copper Slag yaitu limbah industri peleburan tembaga berbentuk butiran runcing (Tajam) dan sifat fisiknya hampir sama dengan pasir alami., sehingga selama ini copper slag banyak digunakan dalam dunia konstruksi beton. Oleh karena itu dalam penelitian terapan kali ini copper slag akan dicoba sebagai sebagai subtitusi bahan pengisi campuran beton dan untuk melihat apakah dapat memberikan dampak yang positif yaitu terjadi peningkatan kuat tekan pada beton.
Penelitian terapan adalah suatu penelitian yang applicable yaitu lebih menekankan pada hasil penelitian yang dapat langsung dimanfaatkan.



Untuk mendapatkan koleksi contoh Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini

No comments:

Post a Comment