Friday, September 2, 2011

Aplikasi Perpustakaan Pada Akademi Kebidanan An-Nur Husada Lampung Utara Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. (IK-20)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perpustakaan adalah salah satu penunjang dalam dunia pendidikan, untuk itu pelayanan yang baik mutlak diperlukan agar dapat menarik minat baca Mahasiswa. Contohnya dalam proses peminjaman dan pengembalian buku. Tidak dapat kita hindari dalam era globalisasi saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang semakin pesat, yang mana segalanya dituntut serba cepat dan efisien. Sedangkan yang kita tahu dengan keterbatasan tenaga manusia segala proses tidak bisa dilakukan secepat dan seefisien yang kita harapkan, oleh karena itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengolah data peminjaman dan pengembalian buku secara cepat dan akurat. Dalam hal ini digunakan media komputer beserta program aplikasinya.


Begitu pula di kampus Akademi Kebidanan An Nur Husada Lampung Utara ini penggunaan sistem informasi perpustakaan juga masih menggunakan sistem manual. Maka dari itu, penulis berinisiatif untuk mengubah sistem yang masih manual tersebut menjadi sistem komputerisasi. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat kerja petugas perpustakaan dalam melayani para mahasiswa, sehingga terjadi peningkatan mutu pelayanan yang menjadikan minat baca mahasiswa semakin meningkat. Program tersebut dibuat dengan

menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda tergantung dari programmernya. Salah satu bahasa program yang sangat diminati oleh programmer adalah Microsoft Visual Basic 6.0, karena selain penampilannya yang menarik bahasa pemrogramannya juga mudah untuk dipahami.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengambil judul :
APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA AKADEMI KEBIDANAN AN-NUR HUSADA LAMPUNG UTARA MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0.



Untuk mendapatkan koleksi contoh Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini

No comments:

Post a Comment